A. Konstruktivitas dalam pembelajaran Matematika
Belajar adalah suatu proses aktif dimana siswa membangun pengetahuan baru
berdasarkan pengalaman atau pengalaman yang sudah dimiliki.[Jerome Bruner,1999]
Selain itu proses pembangunan bias melalui Asimilasi atau Akomodasi[MC
Mahon.1996]
Pembelajaran matematuka dalam pandangan konstruktivis menurut
Hudojo[1998] mempunyai cirri – cirri sebagai berikut :
1. Siswa terlibat aktif dalam belajarnya
2. Informasi baru harus dikaitkan dengan informasi sebelumnya sehingga menyatu
skemata yang dimiliki siswa.
B. Pembelajaran Kooperatif.
Dalam belajar kooperatif ,siswa dibentuk dalam kelompok – kelompok yang
terdiri dari 4atau 5 anak untuk bekerja sama dalam menguasai materi yang diberikan
guru [Slavin; 1995]
Jonson [1994] menyatakan bahwa tujuan pokok belajar kooperatif adalah
memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman
baik secara individu maupun kelompok . Oleh sebab itu dalam belajar kooperatif
siswa belajar legih banyak teman mereka daripada dari guru.
Menurut Stahl [1994] cirri - cirri dari pembelajaran kooperatif adal sebagai
berikut :
1. belajar dari teman
2. tatap muka antar teman
3. mendengarkan antar anggota
4. belajar dari teman sendiri dalam kelompok
5. belajar dari kelompok kecil
6. prodoktif berbicara atau mengemukakan pendapat
7. siswa membuat keputusan
8. siswa aktif.
C. Strategi Belajar Kooperatif Multi Level
Strategi belajar koop[eratif multi level adalah belajar dalam kelompok kecil
dengan menumbuhkan kerjasama sevara maksimal melalui kegiatan pembelajaran
oleh teman sendiri dengn sistim multi level di dalamnya untuk mencapai kompentensi
dasar.
Keunggulan Strategi Belajar Kelompok Kooperatif Multi Level adalah :
1. Menyajikan pembelajaran yang aktif,kr5eatif,efektif,dan menyenangkan
2. Siswa dapat mengaktualkan kemapuannya me4lalui perannya dalam kegiatan
peer teaching
3. Memiliki daya serap yang tinggi
4. Guru dapat memperbaiki gaya mengajar
5. Kegiatan belajar yang semula berpusat pada guru menjadi banyak berpusat pada
murid
Langkah – langkah Belajar Kooperatif Multi Level
1. Menentukan siswa yang berada di level 1, level 2 dan level 3
2. Membentuk kelompok
3. Guru memberikan mate4ri secara kese4luruhan dan memberi lks
4. Level 1 diberi materi dan lks
5. Siswa level 1 memberikan ke siswa level 2
6. Ddengan dibantu siswa level 1 .level 2 memberikan lks ke siswa level 3
7. Guru memantau dan mengevaluasi proses kegiatan pembelajaran
8. Presentasi
9. Penilaian akhir
10. Penghargaan kelompok dan individu
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Slot Machine Games by RTG - JamBase
RTG is a leading provider 김해 출장샵 of casino games 하남 출장마사지 including Slot Machine Games to its own slot machines and other 부산광역 출장샵 software developers for all skill 충청남도 출장샵 levels 김제 출장샵 and
Posting Komentar