Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 2 / II
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hirung bilangan sampai tiga angka
Kompetensi Dasar : a. Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
b. memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
Alokasi waktu :
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyelesaikan operasi perkalian bilangan yang hasilnya bilangan tiga angka.
B. Indikator
Siswa dapat menyelesaikan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan tiga angka dengan tepat.
C. Dampak Pengiring
1. Jika jajan / membeli sesuatu siswa tidak lupa meminta kembalian (jika ada kembalian).
2. Jika kelak siswa menjadi seorang pedagang, maka menjadi seorang pedagang yang jujur.
D. Matreri
Berapa jumlah kali seekor kambing?
Berapa jumlahnya, apabila ada dua ekor kambing?
Berapa pula jumlahnya, apabila ada tiga ekor kambing ?
• Seekor Kambing
Mempunyai 4 kaki
• Dua Ekor Kambing
Mempunyai 8 kaki
• Tiga Ekor Kambing
Mempunyai 12 Kaki
Kalian masih ingatkah bahwa perkalian merupakan penjumlahan berulang ?
Seekor kambing mempunyai 4 kaki.
Dua ekor kambing mempunyai 8 kaki, karena 4 + 4 = 2 × 4 = 8
Tiga ekor kambing mempunyai 12 kaki, karena 4 + 4 + 4 = 3 × 4 = 12
Berapa jumlah kaki seekor ayam ?
Berapa jumlahnya, apabila ada tiga ekor ayan ?
Berapa jumlahnya, apabila ada empat ekor ayam ?
• Seekor Ayam
Mempunyai 2 Kaki
• Dua Ekor Ayam
Mempunyai 4 Kaki
• Tiga Ekor Ayam
Mempunyai 6 Kaki
• Empat Ekor Ayam
Mempunyai 8 Kaki
1 Ayam mempunyai 2 kaki
2 Ayam mempunyai 4 kaki, karena 2 + 2 = 2 × 2 = 4
3 Ayam mempunyai 6 kaki, karena 2 + 2 + 2 = 3 × 2 = 6
4 Ayam mempunyai 8 kaki, karena 2 + 2 + 2 + 2 = 4 × 2 = 8
Melihat 2 ekor kambing dan 4 ekor ayam ternyata ada kesamaan hasil yaitu 8. selain bentuk perkalian unik yaitu 2 × 4 = 8 dan 4 × 2 = 8
Bagaimana jika :
a. 3 × 2 =
dan 2 × 3 = apakah hasilnya sama ?
b. 3 × 4 =
dan 4 × 3 = apakah hasilnya sama ?
Jadi kita simpulkan
Jika
2 × 4 = 4 × 2
3 × 2 = 2 × 3
4 × 3 = 3 × 4
Dan seterusnya………
E. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Eksperimen
4. Diskusi Kelompok
F. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
- Guru menyiapkan siswa / mengkoordinasikan siswa
- Guru mengabsen siswa
- Guru memberi apersepsi dengan menanyakan mengenai binatang – binatang yang ada disekitar mereka / yang dikenal siswa.
2. Kegiatan Inti
- Guru memperlihatkan gambar kambing
- Siswa dimintai guru untuk menjumlah kaki seekor kambing, dua ekor dan tiga ekor
- Guru menjelaskan konsep perkalian
- Guru menjelaskan sifat komutatif perkalian
3. Kegiatan Akhir
- Guru membuat kelompok, (1 kelompok terdiri dari 5 orang)
- Guru membagi tugas / aturan main
- Guru mengevaluasi tugas
G. Media dan sumber Belajar
1. Media
a. Permen Karet (min 4 buah) j. Rp 1.000 (min 8 lembar)
b. Coklat (min 3 buah) k. Rp 10.000 (min 2 lembar)
c. Kue (min 5 buah)` l. Rp 500 (min 9 keping)
d. Gambar (min 2 buah) m. Rp 200 (min 7 keping)
e. Penghapus (min 6 buah) n. Rp 100 (min 17 keping)
f. Permen (min 4 buah) o. Rp 50 (min 16 keping)
g. Kelereng (min 5 buah) p. Daftar Harga
h. Pensil (min 3 buah) q. Daftar Belanja
i. Roti (min 2 buah)
2. Sumber Belajar
Buku Pelajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas III Semester 1.
H. Penilaian
1. Teknik : Post Test
2. Bentuk : Tugas Kelompok (berjualan)
3. Contoh Instrument (terlampir)
Sumedang, April 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Lampiran :
No DAFTRA HARGA
1 Kue Rp 100
2 Pensil Rp 250
3 Permen Karet Rp 150
4 Roti Rp 450
5 Permen Rp 100
6 Coklat Rp 300
7 Kelereng Rp 50
8 Gambar Rp 400
9 Penghapus Rp 200
10 Penggaris Rp 500
Daftar Belanjaan
Kelompok I Kelompok II
4 buah permen karet 4 buah permen
3 buah coklat 3 buah pengahpus
5 buah kue 2 buah roti
2 buah gambar 5 buah kelereng
3 buah penghapus 3 buah pinsil
Skenario
1 Kelompok siswa berperan sebagai penjual
2 Guru berperan sebagai pembeli
3 Guru membeli tahu bahwa tiap kelompok diberi modal sebesar Rp 8.000,-
4 Guru memberikan modal kepada tiap kelompok dengan jumlah yang berbeda tiap kelompoknya (ada yang lebih dan ada yang kurang dari Rp 8.000,-)
5 Guru memerintahkan menghitung dan menuliskan dalam bentuk perkalian modal yang diberikan tadi di kertas selembar (diberi nama)
Kunci Jawaban I
KelompoK I
4 × 1000 = 1000 + 1000 + 1000 + 1000 = 4000
3 × 500 = 500 + 500 + 500 = 1500
3 × 200 = 200 + 200 + 200 = 600
8 × 100 = 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 = 800
8 × 50 = 50 + 50 + 50 + 50 + 50 + 50 + 50 + 50 = 400 +
7300
Kunci Jawaban II
Kelompok II
4 × 1000 = 1000 + 1000 + 1000 + 1000 = 4000
5 × 500 = 500 + 500 + 500 + 500 + 500 = 2500
4 × 200 = 200 + 200 + 200 + 200 = 800
9 × 100 = 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 + 100 = 900
8 × 50 = 50 + 50 + 50 + 50 + 50 + 50 + 50 + 50 = 400 +
8200
6. Guru menanyakan ada yang lebih dan kurang dari 8000
7. Guru menambahkan atau mengurangkan modal dari kelompok dengan menyerahkan hitungan yang dikerjakan.
8. Guru memerintahkan mengeluarkan barang yang ditugaskan sekali sebelum pelajaran di mulai (diperintahkan setiap anak membawa barang yang ada di daftar harga masing – masing satu buah)
9. Guru memberikan daftar harga pada tiap kelompok
10. Guru berperan sebagi pembeli dan memberikan daftar belanjaan kepada tiap kelompok
DAFTAR BELANJAAN
Kelompok I
4 permen karet = Rp……….
3 coklat = Rp……….
5 kue = Rp……….
2 gambar = Rp………
3 penghapus = Rp……….+
Jumlah = Rp……….
Kelompok II
4 permen = Rp……….
3 penghapus = Rp……….
2 roti = Rp……….
5 kelereng = Rp………
3 pinsil = Rp………+
Jumlah = Rp………
Kunci Jawaban II
Kelompok I Kelompok II
Rp 600 Rp 400
Rp 900 Rp 600
Rp 500 Rp 900
Rp 800 Rp 250
Rp 600 + Rp 750 +
Rp 3400 Rp 2900
11. Guru memberikan / membayar sebesar Rp 10.000,-
12. Guru meminta kembalian
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar